AstreDiaries

Forever With 비에이피 ♥ 방용국 ♥ Proud To Be a MILANISTI

Mengapa B.A.P Menandatangani Kontrak ‘Kerja Budak’


Media Dispatch merilis fakta-fakta terkait isi kontrak antara B.A.P dan TS Entertainment, yang saat ini sedang dipermasalahkan.

Dan berikut ini adalah 20 fakta yang berhubungan dengan kontrak tersebut.

1. Jadi selama 3 tahun debut, apakah mereka mendapatkan 1.8 juta Won sebagai gaji mereka?
Sebenarnya hanya 1,79 juta Won. B.A.P sudah menandatangani kontrak dengan TS Entertainment sejak tahun 2011. Mereka debut pada tahun 2012. Namun, hingga tahun 2014 mereka belum menerima gaji masing-masing. Baru pada 31 Juli 2014, mereka mendapatkan bayaran 1.79 juta Won sebagai gaji pertama mereka.

2. Jika kita membagi penghasilan itu untuk 40 bulan, maka penghasilannya sebesar 500 ribu Won perbulan?
Dalam kasus B.A.P, untuk tempat tinggal, makanan dan transportasi, semuanya ditanggung oleh agensi. Setidaknya selama promosi, mereka tidak perlu menggunakan uang pribadi. Namun, lain halnya jika mereka punya kepentingan pribadi. Sebagai contohnya, mereka harus meminjam uang kepada keluarga untuk membayar biaya rumah sakit. Seperti yang diungkapkan salah satu rekan anggota B.A.P, “Mereka tidak punya pilihan lain selain bergantung kepada keluarga mereka untuk biaya rumah sakit”, dan “Mereka tidak punya pilihan lain untuk menunjang kepentingan mereka dimasa mendatang.”

3. Seperti apa kondisi kontrak antara B.A.P dan TS Entertainment?
Dari kontrak yang Dispatch terima, pembagian keuntungan cukup besar. Untuk royalti album saja, mereka mendapatkan penghasilan sebesar 1:9. Dalam artian, anggota B.A.P mendapatkan penghasilan sebesar 10% dari album mereka.

4. 10% untuk penjualan atau keuntungan?
Pastinya 10% dari keuntungan. Sebagai contohnya, boneka ‘Matoki’ milik B.A.P dijual seharga 20 ribu Won dengan keuntungan 6000 Won. Jika keuntungannya sebesar 6000 won, maka B.A.P akan mendapatkan 10%, yakni sebesar 600 Won. Dibagi 6 anggota, maka masing-masing akan mendapatkan 100 Won.

5. Apakah pembagian penghasilan 1:9 masih ada di jaman sekarang?
Mungkin saja, karena anggota B.A.P sudah menyetujuinya. Namun, jika B.A.P sudah merilis album ketiga, pembagian penghasilan menjadi 2:8. Sejauh ini B.A.P sudah merilis 11 album, namun baru merilis satu full album. Jadi anggota B.A.P masih menerima keuntungan sebesar 10%.

6. B.A.P sangat terkenal di luar negeri. Bagaimana dengan keuntungan yang mereka didapatkan dari aktivitas luar negeri?
Pembagian keuntungan dari aktivitas di luar negeri adalah 5:5. Pembagian ini lebih besar ketimbang pembagian keuntungan album. Keuntungan dari kontrak majalah dan iklan juga dibagi dua. Namun, kami tidak mengetahui kepastiannya, apakah penghasilan tersebut telah dihitung secara benar. Pihak B.A.P bahkan menyatakan, bahwa pembagian penghasilan mereka di luar negeri adalah sebuah kecurangan.

7. Kecurangan apa yang dimaksudkan?
Sebenarnya keuntungan dari aktivitas di luar negeri sangat menjanjikan. Namun, agensi menggunakan keuntungan tersebut untuk membayar beban perusahaan. Dari informasi yang diterima Dispatch, penghasilan di Jepang sebesar 120 juta Won juga digunakan sebagai uang untuk membayar beban perusahaan. 100 juta Won dari kontrak majalah juga digunakan untuk hal yang sama. Juga penghasilan 1.79 juta Won tidak dijelaskan secara rinci. Sebagai contohnya, pembagian dari konrak majalah dan iklan yang telah disebutkan. Sebenarnya mereka mendapatkan pembagian penghasilan sebesar 1:9, 2:8, dan 5:5, namun tidak ada rincian mengenai pembagian tersebut.

8. Jadi anggota B.A.P beranggapan bahwa hasil pembagian pendapatan telah dipalsukan?
Benar sekali. sebagai contoh untuk biaya humas. Jika kita melihat dari pernyataan awal bulan Januari ini, biaya yang digunakan untuk humas sebesar 160 juta Won. Namun, pada bulan Juli, data berubah menjadi 200 juta Won. Sebaliknya, biaya untuk promosi album menjadi bertambah. Pihak B.A.P mempertanyakan 150 juta Won yang digunakan sebagai biaya promosi album.

9. Jadi kemana biaya promosi album tersebut?
Ketika kami bertanya kepada salah satu atasan di agensi, “Kemana biaya yang digunakan untuk promosi album?”, ia menjawab, “Biaya tersebut masuk ke dalam rekening pribadi CEO, jadi aku tidak tahu.”

Pihak B.A.P meminta rincian transfer biaya tersebut, namun ditolak. Pihak B.A.P berharap agar pembagian ini bisa terungkap di pengadilan.

10. Mengapa setelah 3 tahun debut, B.A.P baru mengusut hal ini?
Mereka sudah meminta laporan pemasukan pada akhir tahun 2013, namun agensi tidak memberikan respon, dan pada awal Januari 2014, barulah terungkap. Namun, dengan alasan agar tidak bocor kepada publik, anggota B.A.P hanya diperbolehkan melihat data tersebut dalam waktu yang singkat. Agensi mengatakan bahwa mereka tidak punya banyak uang untuk membayar para anggota. Mereka juga mengatakan bahwa beban perusahaan lebih besar ketimbang keuntungan yang mereka dapatkan, jadi agensi mengalami kerugian.

11. Apakah orang tua dari anggota B.A.P dapat menerima fakta tersebut?
Menurut pernyataan agensi sebelumnya, pendapatan dari Maret 2011 hingga Desember 2013 ialah sebesar -500 juta Won, dalam artian agensi mendapatkan kerugian sebesar 500 juta Won. Pihak orang tua B.A.P sekali lagi meminta rincian pendapatan tersebut pada bulan Maret 2014, dengan bantuan pengacara. Dan akhirnya mereka mendapatkan rincian yang baru pada bulan Juli 2014.

12. Bagaimana rincian pendapatan pada bulan Juli?
Pada bulan Januari 2014 (rincian 2011 hingga Desember 2013), mereka mengalami kerugian besar (minus). Namun pada data dibulan Juli (rincian 2011 hingga Juni 2014), mereka mendapatkan keuntungan (plus).

13. Bagaimana bisa grup yang sebelumnya mengalami kerugian kini mendapatkan keuntungan?
Menurut rincian pendapatan yang kedua, selama tiga tahun terakhir, anggota B.A.P mendapatkan total penghasilan sebesar 990 juta Won. Sementara pengeluaran sebesar 930 juta Won. Jadi mereka sebenarnya mendapatkan keuntungan sebesar 60 juta Won.

14. Apa yang sebenarnya paling dipertanyakan oleh anggota B.A.P?
Mengenai penghasilan 5:5 dari aktivitas luar negeri.

B.A.P menyatakan bahwa pembagian penghasilan dari aktivitas di Jepang dan negara lainnya tidak sesuai. Hal ini disebabkan karena penghasilan mereka di Jepang, harus digunakan untuk membayar beban perusahaan.

Walaupun pernyataan agensi benar 100%, hal ini tidak masuk akal. Jika penghasilan aktivitas di luar negeri dibagi dua, maka paling tidak setiap anggota mendapatkan 100 juta Won. Bagaimanapun, 1.79 juta Won benar-benar tidak masuk akal.

15. Jadi perlu untuk melihat isi kontrak?
Kontrak antara B.A.P dan TS Entertainment ialah 7 tahun, dari mulai Maret 2011. Namun, secara teknis bukan 7 tahun. Karena kontrak baru dihitung sejak perilisan album pertama, dan bukan sejak mereka menandatangani kontrak. Album B.A.P baru dirilis pada tahun 2012. Jadi berdasarkan kontrak tersebut, baru akan berakhir pada tahun 2019. Namun, jika dihitung dari sejak ditandantangani kontrak, maka hampir mencapai 8 tahun.

16. Apa isi kontrak yang dipermasalahkan anggota B.A.P?
Sesuai dengan pasal 3 bagian 5, jika mereka tidak berpartisipasi dalam aktivitas hiburan, maka kontrak akan diperpanjang. Sebagai contoh masa wajib militer, memiliki anak, atau dirawat di rumah sakit selama lebih dari 30 hari. Karena ini termasuk masalah pribadi, maka kontrak akan diperpanjang dalam jangka waktu yang sama.

Pasal 6 mengenai ‘tanggung jawab dan hak cipta’ juga menarik perhatian kami. Di bagian 6 tertera, jika anggota menggunakan narkoba, skandal dengan lawan jenis, dll, semua tanggung jawab termasuk kerugian harus ditanggung oleh anggota yang bersangkutan.

Sementara pasal 16 mengenai ‘kompensasi’ benar-benar menakjubkan. Jika kontrak diakhiri, maka anggota harus membayar jangka bulan yang tersisa dalam kontrak, sejumlah penghasilan yang mereka dapatkan sebelumnya. Sebagai contoh, B.A.P telah mendapatkan penghasilan sebesar 990 juta Won selama 3 tahun. Jika mereka mengakhiri kontrak, masih akan ada 49 bulan yang tersisa. Dengan ini maka anggota B.A.P harus membayar kompensasi sebesar 1.4 miliar Won.

17. Kontrak seperti ini juga berlaku di agensi lain?
Agensi di negara ini kembali ke sistem promosi. Mereka menginvestasikan biaya yang besar untuk artis mereka. Terutama di agensi kecil, jika sang artis tidak berhasil, maka perusahaanlah yang harus menanggung kerugian. Itu sebabnya mereka membuat kontrak selama mungkin, dan itu tidak termask masa wajib militer.

18. Apakah B.A.P tidak menyadari hal ini sejak menandatangani kontrak?
B.A.P sudah memahaminya sejak awal. Mereka mengatakan, “Bukannya kami tidak memahami resiko menandatangani kontrak tersebut. Itulah sebabnya kami tetap bertahan, walau tidak dibayar selama 3 tahun.”

Mereka hanya menginginkan agar perusahaan memenuhi janji mereka seperti yang tertera dalam kontrak. Jadi ini adalah masalah kepercayaan.

19. Jadi masalah kepercayaan, sejak kapan mereka tidak lagi mempercayai agensi?
Sejak 19 Oktober lalu. Saat salah satu member harus dibawa ke rumah sakit karena stres dan kelelahan. Saat ia mendapatkan infus di rumah sakit, staff agensi tiba-tiba muncul, dan membawanya untuk menghadiri event di Changwon.

Pada 24 Oktober, juga ada masalah ketika ada event MBC di China. Anggota B.A.P mengungkapkan kondisi kesehatan mereka yang tidak memungkinkan untuk menghadiri konser di Beijing, China. Namun, salah satu staff agensi malah mengatakan, “Jika kalian tidak tampil di China, pihak penyelenggara akan mengajukan gugatan kepada kita. Jika itu terjadi, kalian lah yang harus bertanggung jawab”, dan kemudian memaksa anggota untuk tetap tampil.

20. Jadi kira-kira bagaimana hasilnya setelah B.A.P mengajukan gugatan kepada agensi?
B.A.P sudah mengatakan, bahwa ini bukan hanya masalah pembayaran. Mereka sudah merasa dikeruk sejak debut, jadi mereka khawatir dengan masa depannya. Anggota bahkan bertanya bagaimana mereka bisa membayangkan masa depan yang lebih baik, jika mereka sudah kehilangan kepercayaan terhadap agensi. Inilah yang menyebabkan mereka melakukan gugatan untuk mengakhiri kontrak dengan agensi. Pihak pengadilan akan memutuskan hasilnya setelah memeriksa isi kontrak TS Entertainment. Namun, TS Entertainment perlu untuk menyertakan rincian pembagian penghasilan mereka. Mereka juga perlu menyertakan bukti, mengapa anggota B.A.P harus dibayar dengan jumlah sekian. Jika penghasilan tersebut digunakan untuk keuntungan pribadi, maka B.A.P akan menggugat CEO agensi, yang dianggap sudah melakukan penggelapan uang.

Sumber: Dispatch
Eng Trans Via: Its BAP

8 Komentar

  1. Cuma bisa istighfar dan berharap semuanya bisa berjalan dengan lancar dan kasus ini dimenangkan oleh B.A.P. Amin.
    Miris liatnya. Tapi yaaaa… Semoga mereka semua baik2 saja. Amin.
    BETTY.

  2. PutriLee

    Cuma bisa berdoa semoga pas sidang b.a.p menang, amin …
    B.A.P Faithing🙂

  3. Hyejeong kim

    cih..agensi tu emang licik:\ TS bisa sebrengsek itu dipikir nyawa itu ga ada harganya sama sekali:\.ga dibayar selama 3 tahun.duit keringet anak org ditaro kantong sendiri *sh*t
    BAP itu tergolong sukses apa lagi mereka sering tour ke luar negri pundi2 uang lancar dan itu masi kurang juga? TS uda anggap BAP ATM berjalan mereka:\ mereka uda diperas habis habisan uang keringet tenaga dan itu belum cukup buat gendut tuh CEO TS .greget gue sumpah.dan balik lagi kepercayaan itu emang paling penting klo dari awal aja udah ngecewain gimana BAP kedepannya .gue harap BAP menang tuntutan udah jelas banget TS meras mereka .yang bikin gue nyesek tuh saat ada anggota yang sakit malah dijemput suruh ngisi acara klo ga ancamannya adalah mereka harus bertanggung jawab ya ampun kesannya mereka kayak pembantu di agensi itu.

  4. Hyejeong kim

    B.A.P sudah mengatakan, bahwa ini bukan hanya masalah
    pembayaran. Mereka sudah merasa dikeruk sejak debut, jadi
    mereka khawatir dengan masa depannya. Anggota bahkan
    bertanya bagaimana mereka bisa membayangkan masa
    depan yang lebih baik, jika mereka sudah kehilangan
    kepercayaan terhadap agensi. Inilah yang menyebabkan
    mereka melakukan gugatan untuk mengakhiri kontrak
    dengan agensi. gue berdoa semoga kalian menang🙂 kalian percaya yg benar akan menang bukan ELF Babyz akan slalu berada dibelakang kalian mendukung kalian :^)

  5. aku ga bisa bales satu-satu, gatau juga harus ngomong apa, pikiranku blank. satu persatu kenyataan terungkap dan itu bikin aku down. tapi buat non Babys, makasih banget supportnya. buat Babys tetep harus kuat, BAP butuh kita

  6. saranghae B.A.P. WE LOVE U. KEEP STRONG!!! WE SUPPORT U :-*
    We Waiting For Your Next Amazing And Powerfull Album, I miss U😀

  7. B.A.P bukan lagi manusia,,,
    Mereka malaikat T.T

Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: