AstreDiaries

Forever With 비에이피 ♥ 방용국 ♥ Proud To Be a MILANISTI

Masternim, Fansite Master, Master Noona


Gatau kenapa lagi pengen banget bahas ini. Sebenernya dari maren uda niat sih. Tapi ya gitu, sibuknya masya allah ;______; sampe buka twitter aja ga sempet. Tapi sekali sempet, eh langsung menuhin tl😄

Oke, What is Fansite?

A fansite , fan site, fan blog or fanpage is a website created and maintained by a fan or devotee interested in a celebrity, thing, or a particular cultural phenomenon. Most fansites are unofficial, but a few are officially endorsed – Wikipedia

Jadi fansite itu adalah website yang dibuat dan dikelola oleh seseorang atau beberapa orang fans untuk sesuatu hal.

Dalam dunia Kpop, banyak fansite yang dibuat untuk seorang idola atau grup idola. Yang punya Fansite disebut Master (biasanya sih aku manggilnya masternim).

Di kalangan Kpopers mereka biasa disebut Fansite Noona / Eonnie, karena emang rata-rata cewek. Dan ada juga yang menyebut mereka stalker karena keseringan ngikutin kemanapun idolanya pergi. Tapi beda dan bukan termasuk sasaeng fans loh ya.

Dalam hal ini, karena aku BABYz, maka aku akan membahas tentang fansite masternya B.A.P, yang mana kurang lebih dapat digambarkan seperti hal-hal berikut ini:

• Punya website khusus untuk BAP.

• Websitenya untuk share foto, video, project, dll.

• Para masternim biasanya keliling dunia mengikuti BAP untuk mendapatkan foto/video. Misalnya saat konser Live On Earth.

• Foto-foto atau video mereka eksklusif. Jepretan sendiri dan hasilnya keren layaknya fotografer profesional.

• Anehnya mereka selalu lolos masuk venue, padahal setiap konser biasanya dijaga ketat untuk tidak membawa kamera. Apalagi kamera yang mereka pakai adalah kamera professional. Mungkin ada trik atau bahkan mereka punya koneksi kali yah? Atau mungkin juga ada ijin khusus?

• Masternim juga punya Goodies buatan sendiri, misalnya Photobook, Photocard, Kalender, dll.

• Suka kasih hadiah buat member BAP dari pakaian hingga gadget yang harganya sangat menguras kantong.

• Support untuk grup ataupun member, misalnya FoodSupport.

• Dan mengikuti berbagai macam project lainnya. Seperti ketika musibah tenggelamnya kapal Sewol beberapa bulan yang lalu. Para masternim rame-rame ikut nyumbang juga loh.

Jadi, bisa dikatakan dedikasi mereka
(para masternim) untuk sang idola sangat tinggi, dan mereka tidak digaji untuk itu. Padahal kalo dihitung-hitung, biaya yang sudah mereka keluarkan enggak sedikit. Mungkin slogan mereka adalah “We work for Love“.

Uang kayak gada harganya buat mereka. Apalagi kalo mereka uda bilang “help rt, need ticket” sambil nangis mewek gitu, hadohh kayaknya mereka ga peduli lagi berapapun harga tiketnya, meski itu dapetnya lewat calo juga, yang penting
dapet tiket, titik.

Para masternim biasanya mengupload berbagai foto dan video, yang of course selftaken — in almost professional way I might say. Dan kita bisa lihat foto dan video yang mereka upload dengan FREE. Mungkin ada beberapa yang ngeharusin kita buat sign-up sih, dan beberapa cuma ngebolehin korean citizen (yang cuma punya social security number *sejenis nomer ktp*) buat gabung dan lihat.

Kenapa aku kepo banget sama para masternim ini?

Ya penasaran aja hahahahah. Apalagi akhir-akhir ini mereka gencar-gencarnya ngepromosiin kalender, photobook sampe dvd fantaken LOE yang sangat menggoda itu. Sayangnya cintaku kepentok uang :3 lol. Pengen banget punya gituan, tapi pas buka dompet malah disuguhin golok sama kapiten Pattimura ToT apalagi akhir tahun ini waktunya memperpanjang ID Card Milanisti pusat, jadi… yah cuman bisa ngempet, serius… ngefans itu juga butuh biaya yang ga dikit😥

Oke, kembali ke topik. Aku pengen tahu banyak hal tentang masternim. Seperti seberapa banyak uang yang mereka punya? Gimana tanggepan ortu mereka? Dan yang penting.. Dear masternim, what did you do for living?

Oke, misal mereka adalah chaebol yang kekayaannya selusin turunan juga kaga bakal habis meski kerjaan mereka cuman jeprat jepret ama ngabisin uang. Tapi.. apa iya ortu mereka setuju gitu aja? Kan di drama drama kaga begitu yak *korban drama😄 malah setauku keturunan chaebol harus ngurus perusahaan ato kegiatan lain yang pastinya lebih penting daripada ngikutin idolanya kesana kemari.

Terus kalo bukan chaebol, mereka dapet uang dari mana coba? Orang tiap hari kerjaannya cuman ngikutin idol ;____;

Gini deh ya, mereka kan bikin site bukan di free hosting service macem blog punyaku ini, tapi mereka pake yang premium di [.]net atau [.]com yang artinya itu dikenakan biaya. Belum lagi buat boardnya, mereka pake zeroboard atau dothome. Dan lagi-lagi itu GAK FREE. Otomatis kan mereka pake uang mereka sendiri buat bikin itu. Itu yang pertama.

Yang kedua, Kamera. Well, ini adalah ‘nyawa’ para masternim. Iyalah, tanpa kamera gada artinya mereka ngikutin idola? Kan tujuan mereka ‘mengabadikan’ setiap moment dan apapun yang dilakukan sang idola. Kamera seharga sepeda motor bebek? Gamasalah! Yang penting hasil jepretannya memuaskan. Yah secara mereka pake professional kamera gitu. Biasanya mereka pakai kamera plus handycam. Jadi selagi kamera ngrecord, mereka masih tetep bisa jeprat jepret. Mungkin juga mereka pake kamera ber-wifi. Jadi mereka bisa live report dan share pict langsung dari TKP.

Next, travel & ticket. Kalo ga beruang jangan coba-coba mimpi jadi masternim deh ya hahahah😄 iyalah, gimana enggak? Kerjaannya cuman jeprat jepret, keliling dunia sambil ngikutin idola, enjoy the party tiap malem nikmatin konser. Bingung? Oke, gini yah. BAP kan ngadain Konser Live On Earth keliling dunia tuh. Dari Asia, Eropa, Amerika, sampe Australia. Dan dimana ada BAP, disana pasti ada masternim. Mereka jeprat jepret BAP sebelum naek pesawat dan setelah turun pesawat. Ga cukup sampe disitu, waktu BAP konser juga mereka ada disana. Bisa kalian bayangin berapa budget yang harus mereka keluarin? Aku sih ga berani bayangin😄 belum lagi mereka harus cari tempat penginapan dan makan.

Emang sih mereka bisa dapet untung dari photobook ataupun kalender yang mereka jual ke sesama fans. Tapi ya gitu, uang itu juga ga bakal cukup buat balik modal (istilahnya balikin uang travel dan tiket konser). Uang itu juga ga akan lari ke kantong mereka, karena pasti ujung-ujungnya uang itu buat support idolanya, LAGI.

Misal nih, selain project ultah, mereka pasti ngasih hadiah secara individu buat bias. Dan yang perlu kalian tau, biasanya bukan cuman bias aja yang dapet hadiah. Tapi keluarga mereka juga dapet. Serius. Bapaknya bisa dapet dasi, emaknya bisa dapet anting, sodaranya bisa dapet baju.

Atau waktu idola mereka siap-siap comeback. Entah itu shooting atau recording, biasanya mereka akan ngirim hadiah berupa makanan, minuman, vitamin atau obat-obatan. Dan kalo kalian mikir mereka ngirim itu cuma buat idola, well kalian salah besar ahaha. Karna selain buat bias, mereka juga ngirim buat manajer, stylist sampe staff recording. Kayak yang dilakuin Kim Joo Won waktu ngintilin Gil Ra Im, dia ga cuma nraktir Ra Im doang, tapi temen juga staff yang lain. Bukannya sombong atau sok kaya, tapi emang gitu kesopanan disana. Ya emang masih dalam hitungan puluhan orang sih. Tapi kan tetep aja yang di pake beli itu semua kan uang ㅠ.ㅠ

Butuh loyalitas dan dedikasi yang sangat tinggi buat jadi masternim. Why? Karna kalian harus rela buat spending money and energy.

Walo ga jarang aku juga punya hasrat
buat jadi masternim (kalo dikasih kesempatan uang dan waktu😀 ), tapi aku ga yakin siap to that extend. Bukan karna rasa cintaku ke BAP terbatas, bukan! Tapi karena jadi masternim itu harus bener-bener mentally and physically strong.

Para masternim emang sangat berjasa sekali bagi para fans yang jauh kayak kita-kita ini. Karena setiap event apapun mereka pasti bakalan melaporkan secara cepat. Mereka juga ga segan-segan untuk berbagi. Biasanya sih bagi-bagi photocard. Jadi misal ada konser grup Kpop di Indonesia, dan kalian ga sengaja lihat ada Noona/Eonnie sipit, pake masker, bawa kamera dan beberapa tas, kalian harus ngejar itu Eonniedeul😀 Kenapa? Kalian bisa minta photocard bias. Mereka juga sangat ramah. Kecuali kalo kalian bikin mereka marah dengan nge-crop/nge-remove logo mereka:/

DON’T CROP/REMOVE THEIR LOGO!

Karna itu sangat ga professional dan ga menghargai kerja keras mereka. Sama seperti FF, kalian pasti marah kalo karya kalian di jiplak orang. Begitupun masternim. Mereka juga akan sangat marah dan terluka kalo logo mereka di crop, apalagi sampe di akui orang lain.

Jadi, setelah tau gimana perjuangan mereka dan kalo kalian masih mengakui diri kalian sebagai manusia, harusnya setelah baca ini kalian ga bakal tega buat ngecrop logonya. Kalopun kalian HARUS ngecrop itu logo buat cover FF, kalian masih bisa menyertakan credit di bagian bawahnya kan? Hargailah orang kalo kalian ingin dihargai.

Oh ya, apa masih ada yang gatau apa itu logo atau dimana letak logo? Sedikit aku jelasin. Di setiap foto yang di ambil lalu di upload oleh masternim pasti terdapat logo atau tulisan (semacam tanda tangan yang menunjukkan bahwa itu adalah hasil jepretan mereka). Entah itu di sudut kiri atau kanan, sisi atas atau bawah, atau juga di tengah, di samping wajah idola.

Oke, aku mau ngasih tau beberapa fansite masternya BAP. Master fansite BAP itu buanyak banget loh ini cuman ada beberapa masternim yang aku tau dari Korea & Cina yah ^^

FANSITE MASTER B.A.P

Your Voice
몽쉘아미
B.A.P Yes Sir!
CODENAME124
Born For Him
방용빵빵 BYBB
Be my hong
예찬론
Moonlight
Sunshine Chan
JungMoon
Like You
Junghonga
Chronicle M
Pinkbunny-daehyun
Himsoning
Taste Of You
Head Bangin’
B.A.P it UP!
Dear Darlin’
MyDear 유
Just Be Your Girl
Honey Moon
Mr. Mirotte
Ohyeol
Stuck On You
1349:)B.A.P
Penny_Guk
Y.Jay World
Black Circus
Just Youngjae
TIVOLI HIMCHAN
Always Youngjae
Mr. Bang
대현이랑둘이
Like Daehyun
EVERAFTER
Shy Sky
9495YOUNGUP
Chillin’&Bumpin’
AGAPE
안나누나
127628124
Dear U
Brisk
Mr. Cheetos
Sensation
HimchanMiracle_Story
Himchanholic
B’s
Almight3Toki
Two Hearts
ESSENTIAL
Busan Boy
Twinkle Up
Strange Love
Only Youngjae
Killer Bang
Unique
Definition of BYG
Shot & kill
Potential
Fly BYG
Poison
Thinkin Bout U
Adorable Zelo
One and Only
My January
Caffeine
Zelo Blossom
Channel 0331
Lovemotion
Aaaaaaup
Unlimited
Kaeffchen
B.Y.C
Y.A.A Baby-J
Bstyle
Meetyoo
Vocal & Visual

Uda ah, capek ngetik :3 dari beberapa masternim itu, aku akan share 2 dari tiap-tiap member plus foto hasil jepretannya. Perhatikan baik-baik, meski kecil, tapi selalu ada logo/tulisan di masing-masing foto. Dan sekali lagi aku ingetin, don’t crop/remove the logo or I’ll kill you ╰_╯

Fansite Master Yongguk - Almight3toki

Fansite Master Yongguk – Almight3toki

Fansite Master Yongguk - Almight3toki

Fansite Master Yongguk – Almight3toki

Fansite Master Yongguk - B.Y.C

Fansite Master Yongguk – B.Y.C

Fansite Master Yongguk - B.Y.C

Fansite Master Yongguk – B.Y.C

Fansite Master Himchan - Tivoli

Fansite Master Himchan – Tivoli

Fansite Master Himchan - Tivoli

Fansite Master Himchan – Tivoli

Fansite Master Himchan - Himchan Miracle Story

Fansite Master Himchan – Himchan Miracle Story

Fansite Master Himchan - Himchan Miracle Story

Fansite Master Himchan – Himchan Miracle Story

Fansite Master Daehyun - Vocal & Visual

Fansite Master Daehyun – Vocal & Visual

Fansite Master Daehyun - Vocal & Visual

Fansite Master Daehyun – Vocal & Visual

Fansite Master Daehyun - Busan Ramyun

Fansite Master Daehyun – Busan Ramyun

Fansite Master Daehyun - Busan Ramyun

Fansite Master Daehyun – Busan Ramyun

Fansite Master Yongjae - Y.Jae World

Fansite Master Yongjae – Y.Jae World

Fansite Master Yongjae - Y.Jae World

Fansite Master Yongjae – Y.Jae World

Fansite Master Yongjae - My January

Fansite Master Yongjae – My January

Fansite Master Yongjae - My January

Fansite Master Yongjae – My January

Fansite Master Jongup - Moonlight

Fansite Master Jongup – Moonlight

Fansite Master Jongup - Moonlight

Fansite Master Jongup – Moonlight

Fansite Master Jongup - Mr. Cheetos

Fansite Master Jongup – Mr. Cheetos

Fansite Master Jongup - Mr. Cheetos

Fansite Master Jongup – Mr. Cheetos

Fansite Master Zelo - Zelo Blossom

Fansite Master Zelo – Zelo Blossom

Fansite Master Zelo - Zelo Blossom

Fansite Master Zelo – Zelo Blossom

Fansite Master Zelo - Adorable Zelo

Fansite Master Zelo – Adorable Zelo

Fansite Master Zelo - Adorable Zelo

Fansite Master Zelo – Adorable Zelo

15 Komentar

  1. Sampai saat ini aku masih sering dibuat nganga sama fan noona nya daehyun yg sering ngasih dia hadiah mahal. Kalo ga salah busanboy, tapi sempet denger juga kalo masternim nya busan boy itu bukan noona” -_- yah, ngga pentinglah mau cewek atau cowok, yg pasti tuh orang tajiiir banget dan cintaaaa banget sama Daehyun.

    Sama kyk eonni, aku juga bingung sebenernya mereka kerja apa sampai punya duit sebanyak itu buat beli hadiah malah. Aku kepo sama kegiatan mereka kalo lagi ga nge-stalkerin BAP. Aku juga kepo, sebelum jadi stalker nya BAP, mereka itu kerjanya apa? Tapi ya sudahlah, aku ga mau mikirin terlalu dalem, takut beruban. Hehehe

    Jujur aja, aku ngiri banget sama eonni” ini. Selain waktu mereka juga punya banyak uang buat beli tiket konsel BAP di luar negeri. Kalo aku jadi mereka, pasti duit nya udh aku pake buat bayar uang semesteraaan >,<

  2. Yessssssssssss aku juga bingung sama banget kaya eonnie. Dari uang dari tenaga dari apapun itu. Mereka untung ngga sih? Di gaji ngga sih? Ato emang kaya kata eonnie? Work for Love?
    Masalahnya mereka tuh sedih banget kalo pas Bap ngga dateng kaya batalin secara mendadak kaya kemaren. Mereka menurutku ngga marah karna Uang sih, tapi karna B.A.P ngga ada. Yup. Aku juga mikir, cinta mereka awet yaaaa… Padahal tiap hari, walupun ngga langsung, tapi kan pasti capek gitu, aku aja kadang males. Mereka hmm saking cintanya…😀 keren banget menurutku.
    Kalo cewek, menurutku ya karna mereka cinta idola gitu. Tapi kalo kaya Busan Ramyun a.k.a Busanboy itu, yang khusus Daehyun. Itu cowok loh. Dia suka banget ngasih hadiah ke Daehyun. Dan kebanyakan dipake sama Daehyun. Wah dia seneng banget kayanya. Waktu itu kayanya, kaya sandal sepatu/? Gitu, Silikon HP, dan banyak lagi. Kalo Zelo ini ga nanggung2 eonnie, LAPTOP. Gila itu beneran mahal ya… Tapi mereka beneran ikhlas gitu ngasihnya. Kebanyakan ngasih kaos ato baju2 gitu. Tapi taulah eonnie, mahal2 banget. Kaya kemaren Appa juga bajunya yang ada salibnya kalo ngga salah, itu juga di kasih salah satu masternim. Dan masih banyak lagi. Yang paling keren sih mereka juga ngumpulin uang buat membantu sesama. Karna pengaruh bap juga kan ya? Haaaaaah bangga banget punya idola dan punya keluarga kaya fandom ini, sempurna menurutku :’) hehehe
    Wow aku sih ngga tau secara menyeluruh ya tapi yang terkenal banget sih di international fans itu Zelovesick, Busanboy, Tivoli, M.jump, Flybangyongguk, Myjanuary itulah kalo gasalah :3 sebenernya masih banyak lagi cuma yaaaa kalo disebut disini ya gacukup (bilang aja ga afal bet -,-) sekarang masternim pada istirahat juga karna Bap istirahat T.T
    Gapapa juga sih, positifnya mereka juga bisa istirahat🙂 hehehe
    keren post-an ini eonnie. Aku suka😀.
    BETTY.

    • Eh maaf maaf eonnie aku salah tulis. Maksudku males disitu bukannya males karna B.A.P, males berkegiatan tiap hari gitu. Kan pas capek. Tapi bener sih, kalo B.a.p secapek apapun aku lewatin hahaha mereka justru penyemangat😀 hehehe
      Oh ya satu lagi. Masternim itu ga semuanya orang Korea. Contoh aja Tivoli dia orang China. Heeeh banyak lagi info mengejutkan hahahaahaahh
      udah ah
      BETTY.

  3. Gila
    kalo mereka chaebol sih mending, tapi kalo mereka kaya fansnya exo yang waktu itu gimana?
    Ah ga mau mikirin deh

  4. @Intan: Iya Busan Ramyun Boy itu cowok, aku juga gatau gimana dia bisa sayang banget sama daehyun gitu. Inget ga waktu ultah daehyun? Thn ini apa thn kemaren ya? Lupa aku😀 yang mereka nyulap jalanan Busan jadi wajah daehyun, sampe sampe bis juga ditempelin wajah daehyun. Ih buset mereka gilanya ga nanggung nanggung😄 Tapi kl dipikir2 kadang juga kita pernah suka sama artis cewek kan😀 yaelah malah curcol uang semesteran dia:/ minta yonjae sana😄

    @Betty: Iya say, pas TS yg ngecancel semua jadwal BAP itu emg bikin khawatir, apalagi gada penjelasan, pantes para masternim marah, yah selain mereka uda spending time and money, mereka juga pasti pengen BAP hadir. Ga mungkin kan mereka hadir kesana tanpa BAP? Karna masternim beda sama “fans” yang ngakunya cuman punya 1 fandom tapi ternyata ikut hore hore waktu lihat grup lain. Beruntung ada beberapa masternim yg masih stay disana, dan seperti sebuah keajaiban, BAP nongol disana T.T

    Tuh kan aku lupa masukin Zelovesick😦 banyak banget deh, aku banyak yang lupa, soalnya paling sering nyamperin fansite masternya yongguk😄 yang lain mah jarang :3

    “fandom ini, sempurna” SETUJUH DEH SAMA KAMU BEB😄 yang aku syukurin karna pernah jadi mulfan adalah…. aku bisa lihat dari berbagai sudut gimana fandom2 yg ada di Indonesia tanpa menjudge salah satunya. Dan aku juga bener2 bersyukur bisa jadi bagian dari Babyz, keluarga yang sempurna ini.

    Iya tau, ga mungkin Betty males sama BAP😛 sama kayak aku yang setia, sekali aku mencintai sesuatu, aku pasti akan mencintainya segenap hatiku dan hanya fokus ke mereka. Aku harap, aku bisa jaga cintaku ke BAP, seperti cintaku ke Milan🙂 tidak seperti seseorang yang aku kenal. Dia ngaku Baby, tapi dia men-tiga-kan BAP, tapi masih tidak mau disebut mulfan? Aku jadi meragukan cintanya. Ah sudahlah, ga penting bahas dia.

    @Febi: jujur aja aku gatau apa2😀 aku cuma fokus sama BAP, apalagi akhir2 ini jarang ol, jadi gatau ada berita apa. Emg kenapa fans exo o.O?

  5. itu namanya rezeki anak soleh min kalau gak ketahuan hihihih

  6. Hyejeong Kim

    aaakk gila kalo ngmongin masternim itu emang ga ada abisnya ..banyak bgt pertanyaan yg masuk keotak gue xD gmna mereka mkan gmna mrka punya uang dll kaya banget kayaknya mereka ato apa lah. yg jelas perjuangan mereka itu berat bgt jeprat jepret sana sini kaya buntutnya idol dimana ada idol disitu ada masternim xD pokoknya mereka the best fan (y)

  7. Hyejeong Kim

    mangkanya ga heran wkt sungmin kemren ngummumin mau nikah :3 bnyak yg marah bukn krna ga ngebolehin sungmin nikah tpi itu terlalu cepet >__<. yg bikin gue iri sama mereka tu beruntung nya mereka bisa ketemu anak bap tiap hari :3
    dan gue penasaran banget sama kehidupan mereka setiap hari selain ngestalkerin bap hahhh

  8. HYEHWAKANG

    Masih belum bisa ngalahin masternimnya exo >< tapi masternim masternim gitu mereka genknya sesama masternim~~ aku sering liat konser tiap masuk vip banyak yg bercadar dan bawa kamera super gede dan buat penjagaan kayanya dari managemen itu mereka udah disetting dimudahin beberapa kali aku nemu mereka tasnya engak di periksa yang dipersilahkan masuk gitu aja padahal keliatan banget itu tas isinya kamera super canggih

  9. @jeongi: emg lu masih punya pikiran :v uda jan terlalu mikirnya, elu aja kaga penah mikirin gue sampe gitunya:/

    @hyehwakang: yaelah emg lomba pake acara banyak-banyakan? ga bisa ngalahin? (′~`;) plis deh ya banyak enggaknya masternim ga pengaruh gitu sama cinta gue ke BAP😄 lagian gue juga bilang pan kalo itu cuman beberapa masternimnya BAP yg gue tau, ahahah gue uda nebak, mungkin yang jadi “jalan” mereka masuk venue itu masker, ato mereka punya id card?

  10. Kalo setahuku, memang ada beberapa master fansite yg dapet tunjangan khusus dari manajemen atau perusahaan yg menaungi sang idola. Mereka kayaknya juga dapet “jalur tol” buat bisa lebih deket sama idolanya. Karena aku shawol, aku kasih tau aja dikit ttg master fansite jonghyun yg namanya Heroin Noona (kayaknya nama samaran) seorang pengelola salah satu fansite terbesar Jonghyun ; “One In A Million (OIAM)”. dia bisa dibilang salah satu fans istimewanya Jonghyun nih saking deketnya dia sama si idol. Selca bareng Jonghyun udah bagaikan barang murah aja buat dia. Gampang didapet. Mungkin karena semua itu, dedikasi para masternim ke idolnya itu tinggi banget. Apalagi para idol juga kayaknya menghargai banget dedikasi mereka, seperti yg udah gue jelasin di atas.. para masternim dan idolanya bahkan beberapa udah saling kenal. Saking dihargainya, pernah sekali waktu Jonghyun SHINee mentato seluruh tubuhnya dengan nama2 fansite besar dia waktu konser SWC tahun 2013 lalu (yang artinya dia TAU dan KENAL). Kayaknya hal2 semacem itu yg bikin para masternim makin semangat buat ngintilin hidup idolanya hahaha. Tapi tetep sih.. dibayar perusahaan pun buat gue pribadi gak cukup.. gue masih heran gimana mereka bisa sesetrong itu. Apalagi yg gak dibayar..

    • yadire

      inti pokok yg paling bikin penasaran itu uangnya itu loh dr mna?😀 bisa ngikut tour abroud, hotel, mkan mewah, dll. apa sekaya itu dg hanya mnjual goodies buatan sendiri. tiap hari mreka jf masi perlu hidup dan punya sering punya project, ngasi gift mehong, dll. ahh ga ktemu klo pake ilmu kira2, kecuali ada masternim sendiri yg ungkap asal pundi2 uangnya dr mna, hahahaha

  11. xxxxxxx

    Hai, suka banget nih sama sesama fans yang tertarik hal beginian,
    Kenalan dulu aku fans shinee nih. Aku pernah jadi bagian dari fansite, bantu2 aja sih, berhubung fansite itu memang butuh tenaga lebih dan ternyata noona itu punya temen taiwan yg ternyata temen aku juga. tugas ku ya fotografer juga pake cnn 5D lens efs 200mm usm🙂 itu berat bgt dan suka susah ngeri jatoh/kebanting kalo pas keluar negri bawa2 gituan aku gatau kenapa aku mau aja gabung dan melakukan hal2 seperti itu dulu. Hhaa
    Sekedar cerita nih, kebanyakan noona itu kerja entah di kantor atau punya cafe sendiri atau entah apa. Rata-rata mereka dapet gaji/pendapatan dr tempat mereka bekerja itu. Jadi rata2 mereka memakai uang sendiri bukan uang keluarga. Dan kalo dipikir2 aku bbrp kali patungan kok untuk hotel itu juga dateng barengan sama noona yg beda fansite. Utk menghemat. Ujung2nya juga itung2an kok apalagi kalo kita lagi buka penjualan goodies. Hm itung2annya setengah mati.

    bicara soal waktu nih, mereka ga selalu terbang sendiri ke belahan dunia lain. Ada saatnya mereka ga bisa banget utk pergi karena pekerjaan atau tidak dapat cuti atau masalah finansial atau ada jadwal lain atau sakit. Tapiii, mereka ga sendiri. Contoh fansite a & b segeng nih, dan mereka rata2 bertemen sm yg beda bias.
    Nah, si fanst A gabisa ke indo dan ternyata fansite b dateng. Dan dengan senang hati fansite b mengambil gambar bias fansite A dan akan dikirimkan langsung previewnya ke noona A utk di upload sbg preview di twitter fansite A (biasanya). Malahadaygngambilfotomemberbedagroup. Soalnyaakuseringtradepicturesjugasamafansitebedagrouphaha. Biasanya terjadi pas lagi nyari tiket. Hmm (Ini rahasia)

    Tapi ada juga yg maunya kerja sendiri dan ga butuh bantuan siapa2. Dan biasanya ada beberapa fansite yg noona nya ada 2 atau ada yg bawa temen. Fansite itu juga ada yg punya bbrp anak buah, ya kayak aku contohnya jadi anak buah(?) org yg disuruh2 kalo si noona itu ga bisa pergi ya anak buahnya yg pergi. Atau kalo si noona ini telat dia minta tolong anak buahnya untuk ngantriin biar di depan (yeah!) Yg penting kami melakukannya demi cinta /yaela haha untuk trik ngelolosin kamera itu banyak hahahahaha banyak lah pokoknya, lolos itu gampang (kecuali yg konser exo trkhr kmrn di jkt ya, kudenger banyak ygga lolos) nah malah trik nyembunyiin lensa biar ga ketauan pas ngambil foto/video nya itu yg susah pas di dalem venue nya. Apalagi di konser2 yg di jepang😦

    Rata2 idol juga udh tau sama muka2 mereka. Jadi ga jarang kita nemuin eye contact di foto fansite itu ya. jadi intinya ada beberapa fansite yg memang noona itu tidak kerja sendiri BANYAK yg kerja sendiri dan dia sangat strong :”) dan setelah kurenungi aku capek melakukan hal seperti itu. Banyak juga skrg noona yg lagi vakum atau hiatus ya bahasanya dan lg nerusin pendidikan atau menikah dan sementara webnya di pegang temen kepercayaannya atau dia memutuskan utk close down.

  12. xxxxxx

    Hai, suka banget nih sama sesama fans yang tertarik hal beginian,
    Kenalan dulu aku fans shinee nih. Aku pernah jadi bagian dari fansite, bantu2 aja sih, berhubung fansite itu memang butuh tenaga lebih dan ternyata noona itu punya temen taiwan yg ternyata temen aku juga. tugas ku ya fotografer juga pake cnn 5D lens efs 200mm usm🙂 itu berat bgt dan suka susah ngeri jatoh/kebanting kalo pas keluar negri bawa2 gituan aku gatau kenapa aku mau aja gabung dan melakukan hal2 seperti itu dulu. Hhaa
    Sekedar cerita nih, kebanyakan noona itu kerja entah di kantor atau punya cafe sendiri atau entah apa. Rata-rata mereka dapet gaji/pendapatan dr tempat mereka bekerja itu. Jadi rata2 mereka memakai uang sendiri bukan uang keluarga. Dan kalo dipikir2 aku bbrp kali patungan kok untuk hotel itu juga dateng barengan sama noona yg beda fansite.

    bicara soal waktu nih, mereka ga selalu terbang sendiri ke belahan dunia lain. Ada saatnya mereka ga bisa banget utk pergi karena pekerjaan atau tidak dapat cuti atau masalah finansial atau ada jadwal lain atau sakit. Tapiii, mereka ga sendiri. Contoh fansite a & b segeng nih, dan mereka rata2 bertemen sm yg beda bias.
    Nah, si fanst A gabisa ke indo dan ternyata fansite b dateng. Dan dengan senang hati fansite b mengambil gambar bias fansite A dan akan dikirimkan langsung previewnya ke noona A utk di upload sbg preview di twitter fansite A (biasanya). Malahadaygngambilfotomemberbedagroup. Soalnyaakuseringtradepicturesjugasamafansitebedagrouphaha. Biasanya terjadi pas lagi nyari tiket. Hmm (Ini rahasia)

    Tapi ada juga yg maunya kerja sendiri dan ga butuh bantuan siapa2. Dan biasanya ada beberapa fansite yg noona nya ada 2 atau ada yg bawa temen. Fansite itu juga ada yg punya bbrp anak buah, ya kayak aku contohnya jadi anak buah(?) org yg disuruh2 kalo si noona itu ga bisa pergi ya anak buahnya yg pergi. Atau kalo si noona ini telat dia minta tolong anak buahnya untuk ngantriin biar di depan (yeah!) Yg penting kami melakukannya demi cinta /yaela haha untuk trik ngelolosin kamera itu banyak hahahahaha banyak lah pokoknya, lolos itu gampang (kecuali yg konser exo trkhr kmrn di jkt ya, kudenger banyak ygga lolos) nah malah trik nyembunyiin lensa biar ga ketauan pas ngambil foto/video nya itu yg susah pas di dalem venue nya. Apalagi di konser2 yg di jepang😦

    Rata2 idol juga udh tau sama muka2 mereka. Jadi ga jarang kita nemuin eye contact di foto fansite itu ya. jadi intinya ada beberapa fansite yg memang noona itu tidak kerja sendiri ada yg kerja sendiri dan dia sangat strong :”) dan setelah kurenungi aku capek melakukan hal seperti itu. Banyak juga skrg noona yg vakum dan lg nerusin pendidikan atau menikah dan sementara webnya di pegang temen kepercayaannya atau dia memutuskan utk close down.

  13. xxxxxx

    Hai, suka banget nih sama sesama fans yang tertarik hal beginian,
    Kenalan dulu aku fans shinee nih. Aku pernah jadi bagian dari fansite, bantu2 aja sih, berhubung fansite itu memang butuh tenaga lebih dan ternyata noona itu punya temen taiwan yg ternyata temen aku juga. tugas ku ya fotografer juga pake cnn 5D lens efs 200mm usm🙂 itu berat bgt dan suka susah ngeri jatoh/kebanting kalo pas keluar negri bawa2 gituan aku gatau kenapa aku mau aja gabung dan melakukan hal2 seperti itu dulu. Hhaa
    Sekedar cerita nih, kebanyakan noona itu kerja entah di kantor atau punya cafe sendiri atau entah apa. Rata-rata mereka dapet gaji/pendapatan dr tempat mereka bekerja itu. Jadi rata2 mereka memakai uang sendiri bukan uang keluarga. Dan kalo dipikir2 aku bbrp kali patungan kok untuk hotel itu juga dateng barengan sama noona yg beda fansite.

    bicara soal waktu nih, mereka ga selalu terbang sendiri ke belahan dunia lain. Ada saatnya mereka ga bisa banget utk pergi karena pekerjaan atau tidak dapat cuti atau masalah finansial atau ada jadwal lain atau sakit. Tapiii, mereka ga sendiri. Contoh fansite a & b segeng nih, dan mereka rata2 bertemen sm yg beda bias.
    Nah, si fanst A gabisa ke indo dan ternyata fansite b dateng. Dan dengan senang hati fansite b mengambil gambar bias fansite A dan akan dikirimkan langsung previewnya ke noona A utk di upload sbg preview di twitter fansite A (biasanya). Malahadaygngambilfotomemberbedagroup. Soalnyaakuseringtradepicturesjugasamafansitebedagrouphaha. Biasanya terjadi pas lagi nyari tiket. Hmm (Ini rahasia)

Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: