AstreDiaries

Forever With 비에이피 ♥ 방용국 ♥ Proud To Be a MILANISTI

Profil Lengkap Gennaro Ivan Gattuso


Oke oke, jumpa lagi sama Angel Penjaga hatinya si 22, Penyejuk Jiwanya si 20, Pemilik hatinya si 92, dan Penjinak si 45😀 kali ini saya kembali menulis profil mantan pemain AC MILAN yang menjadi salah satu Legenda, yang sosoknya sangat saya kagumi, yang saat ini sedang belajar menjadi salah satu pelatih di tim Serie A Italia (Palermo), yang mungkin saja suatu saat nanti dia kembali ke Milan menjadi sosok yang lebih keren.

Jeng! Jeng!

Yak siapa lagi kalo bukan Gennaro Ivan Gattuso. But wait, sebelum kita bahas pemain yang satu ini, sebelumnya saya mau mengucapkan Selamat Ulang Tahun sama Om Badak ini😀

Sebenarnya, saya tidak ada niatan untuk menulis profil Om yang satu ini, bukannya tidak ada niatan sih, mungkin lebih tepatnya belum siap. Karna di draft saya sudah ada Profil Andrey Shevchenko yang sampai saat ini belum sempet di edit karna sok sibuknya saya >,< hahahaha😀 tapi karna temen-temen di grup manas-manasin, jadi panas nih😀 yasudahlah, jadi kepanjangan ini pembukaannya. Cekidot yakk….

Gennaro Ivan Gattuso
Pemain yang lahir di Corigliano Calabro, Italia. Pada tanggal 9 Januari 1978 ini adalah seorang pemain sepak bola Italia yang berposisi sebagai gelandang.

Gattuso merupakan pemain Italia yang paling mudah dikenali. Dengan gaya bermain yang kerap “Menyeruduk” lawan, ia menjadi gelandang bertahan yang paling disegani di Italia.

Sebagai seorang pemain yang menjadi gelandang bertahan, Gattuso sudah pernah merasakan semua gelar bergengsi di klub maupun di level antar negara.

Saat ini Gattuso sedang memulai debutnya sebagai pelatih di salah satu tim Serie A Italia (Palermo). Sebelumnya Gattuso bermain untuk klub yang berasal dari Swiss, Sion. Setelah sebelumnya memutuskan pergi dari klub yang sudah dibelanya selama kurang lebih 13 tahun, Milan.

Gattuso atau yang akrab dipanggil Rino (Badak) dikarenakan kekuatan fisik yang dimilikinya.

Gattuso mengawali karier profesionalnya di Perugia. Namun ia pindah ke Glasgow Rangers di Skotlandia pada tahun 1997 di usianya yang masih menginjak 19 tahun. Disana, Gattuso disenangi para pendukung Rangers karena teknik bermainnya yang sangat agresif.

Gattuso menyebut pelatih Rangers saat itu, Walter Smith memberi pengaruh yang kuat baginya dan menganggapnya seperti ‘Ayah Kedua’.

Pada musim 1998-1999 Walter Smith digantikan oleh Dick Advocaat. Saat itu, Gattuso dimainkan di posisi bek kanan, karna pelatih baru tersebut kurang menyukainya.

Hingga pada akhirnya pada bulan Oktober 1998, dia dijual ke klub Serie A Salernitana yang baru saja promosi dengan transfer sebesar 4 juta poundsterling. Meski Gattuso tampil gemilang, namun dia tidak mampu menolong klubnya terdegradasi.

Sepuluh bulan di Salernitana, Gattuso kemudian pindah ke AC Milan. Milan mengeluarkan uang sebesar 8 juta poundsterling untuk membelinya pada tahun 1999.

Gaya bermainnya membuat manajer Milan saat itu, -Carlo Ancelotti- bisa menempatkan Andrea Pirlo ke posisi yang lebih leluasa untuk menyerang. Gaya bermain Gattuso yang dikenal dengan tackling-nya yang dashyat dan penuh kerja keras, membuatnya dikenal dengan dengan panggilan Ringhio.

Sejak pindah ke Milan yang merupakan tim yang lebih mengutamakan operan bola, kemampuan Gattuso telah banyak meningkat. Hingga pada tahun 2000, ia dipanggil ke Timnas Italia. Sejak saat itu, Gattuso telah memperkuat Italia lebih dari 40 kali, termasuk di Olimpiade Sydney tahun 2000, Piala Dunia tahun 2002 dan 2006, serta Piala Eropa tahun 2004.

Gattuso dikenal sebagai tipe pesepakbola yang pekerja keras di tengah lapangan dan seorang gelandang bertahan dengan kemampuan menjegal lawan yang baik. Gattuso dan Andrea Pirlo merupakan dua pemain kunci Italia saat meraih gelar juar Piala Dunia FIFA 2006 dan Milan saat meraih berbagai gelar domestik dan Eropa.

Gattuso sudah bermain 300 kali bersama Milan ketika laga Liga Champions melawan Lille pada tanggal 26 September 2006.

Gattuso akhirnya memenangkan gelar Liga Champions keduanya pada tanggal 23 Mei 2007 ketika Milan menang 2-1 lawan Liverpool.

PRESTASI

Perugia Trofeo Giacinto Facchetti:
1995–1996

Milan
• Serie A: 2003–2004
• Coppa Italia: 2002–2003
• Supercoppa Italiana: 2004
• UEFA Champions League: 2002-2003, 2006–2007
• UEFA Super Cup: 2003, 2007
• FIFA Club World Cup: 2007

International
• FIFA World Cup: 2006
• UEFA Under-21 European Championship: 2000

Individual
• 2006 World Cup
• Team of the Tournament
• 2006 World Cup
• Top 10 Players

Fakta Unik Seputar Gattuso
• Ada cerita menarik tentang Gattuso dan Paul ‘Gazza’ Gascoigne saat mereka berdua main di Glasgow Rangers.

Saat Gattuso pertama kali gabung ke Rangers, dan ikut latihan pertama kali, dia dikerjai habis-habisan oleh Gascoigne.

Selesai mandi setelah latihan bersama Rangers untuk pertama kali, Gattuso mendapati ada sesuatu yang aneh di celana boxer-nya. Setelah dicek ternyata di boxer Gattuso ada Kotoran manusia. Dan belakangan Gattuso baru tahu bahwa Gascoigne-lah yang pup disitu. Alhasil, saat itu Gattuso harus pulang tanpa memakai celana dalam/boxer. (Souce: via Twitter @101greatgoals)

Bagi yang belum tahu, Paul Gascoigne adalah pemain jenius/bandel Inggris tahun 1990-an yang pernah main di Lazio.

• Media pernah mengatakan jika Gattuso meninggalkan Milan karena ia merasa tidak diperlukan lagi oleh Allegri, tetapi baru-baru ini ia mengungkapkan bahwa sebenarnya ada hal-hal lain yang membuat dia memutuskan untuk meninggalkan Milan. Hal-hal itu antara lain:

“Aku meninggalkan Milan karena aku tidak menikmati suasana di ruang ganti. Dulunya tim ini mudah untuk diatur.”

“Karena masalah mataku, aku tidak selalu bisa hadir di Milanello. Tapi hal ini justru membuatku melihat beberapa hal dari perspektif yang berbeda.”

“Selama 2-3 bulan terakhirku di Milan, aku melihat hal-hal yang belum pernah kulihat sebelumnya selama 13 tahun aku berada di klub ini”

“Ketika kami akan berlatih pukul 09.30 banyak pemain yang datang hanya 10 menit lebih awal. Dan mereka hanya diam saja. Aku datang 45 menit lebih awal untuk melakukan beberapa latihan sendiri. Mendapatkan pijat (semacem pijat refleski) atau sekedar menikmati secangkir kopi. Ini sudah seperti budaya dan kebiasaan yang sudah bertahun-tahun. Dan ketika kami makan siang pukul 13.00 di Milanello, ada pemain tertentu yang datang 15 menit terlambat. Aku merasa ada kurangnya penghormatan terhadap aturan di Milan selama beberapa tahun terakhir aku di klub. Ini adalah situasi yang benar-benar membuat kesal para pemain yang lebih tua di skuad Milan. Jika kau menghabiskan waktu untuk mengkritik pemain yang datang terlambat, itu akan menghilangkan energimu. Energi yang akan kau gunakan di lapangan.”

• Ketika Gattuso masih muda, dia selalu menghentikan permainan sepakbola bersama teman temannya hanya untuk melihat film kartun animasi yang berasal dari Jepang, ‘Kapten Tsubasa’ di TV.

• Gattuso pernah terlibat pertikaian dengan asisten manajer Tottenham Hotspur. Saat itu terjadi pada babak 16 besar Liga Champions musim 2010/2011 di San Siro. Gattuso mendadak beringas setelah bertukar umpatan dengan Jordan yang segera mencopot kacamatanya untuk melayani ‘tantangan’ itu. Beruntung keadaan tidak memburuk karena keduanya segera dilerai.

“Aku sedang gugup. Kami berdua berbicara dengan bahasa Skotlandia, sesuatu yang aku pelajari ketika bermain untuk Glasgow Rangers. Tapi aku tidak bisa mengatakan apa saja yang kami bicarakan.” Ujar Gattuso yang akhirnya menerima sanksi bermain selama empat pertandingan.

• Saya masih ingat, saat Gattuso membawa Italia menjuarai Piala Dunia tahun 2006. Saat itu, selebrasi ‘aneh’ yang dia lakukan adalah melepas celananya. Hingga Gattuso hanya memakai celana dalam saat berlarian mengelilingi lapangan.

Berikut ini adalah beberapa komentar teman-teman saya tentang sosok Gattuso:

“Gattuso itu banteng, yang tidak pernah menyerah menghentikan musuh ;)” – Gilang Ramadhan

“Gattuso itu seksi keamanannya AC MILAN :D” – Indra Gunawan

“Ringhio pangilan yang pas buat Gennaro Ivan Rino Gattuso. ‘Pekerja keras’ tidak mengenal kata menyerah sebelum peluit akhir pertandingan.” – Pak Ali

“Gattuso si gelandang perusak formasi lawan. Tangguh…. Gattuso Daebak (y)” – Resti Sofiana

“Gennaro Gattuso adalah pemain ‘PERUSAK’ irama permainan lawan. Dia bermain tanpa kompromi. Ciri permainannya sangat saya sukai. Secara pribadi saya menjuluki dia sebagai ‘BRAMA KUMBARA’-nya AC MILAN!!” – Jeckie Adhiepradja

“Wah apa yang ada di pikiran ane tentang Gatuso sudah di utarakan semua sama yang lain. Yang pasti, kalau dengar kata Gattuso, pasti yang pertama di ingat itu adalah Pemain yang kuat dan pantang menyerah. Ane masih ingat saat CR7 dibikin geleng-geleng kepala oleh Gattuso.” – Zep Rizkie Ignazio

“Badak yang tidak kenal lelah. Perusak penyerangan. Salutt Buat Gattuso.” – Rifky Ghalih ID

“Rhino…. Awalnya ga suka sama permainannya… Tapi lambat laun jadi mengerti tugas dan posisinya…. Big respect…vi auguriamo fortuna sempre.” – Malec Jankulovski Acm

“-Ora nduwe udel- Julukan bagi orang jawa yang ga punya capek, pekerja keras, sperti badak, sruduk terus..” Arif Kayeck

“GATTUSO. Sebuah nama yang tak akan mungkin terhapus dalam sejarah perjalanan Milan. Sang pekerja keras di lapangan tengah Milan yang tak kenal kata lelah layaknya seekor banteng yang mampu merusak irama permainan lawan. BRAVO GATTUSO. And hbd buat Gattuso. Kami sebagai seorang Milanisti akan tetap mengenangmu selalu meskipun jersey Milan telah lepas dari badanmu… FORZA MILAN…” – Ashoc MilanosejatinaPsm

“Kalau di PS ability-nya kurang memuaskan, tapi kalau lihat Milan main pas ada gattuso, tv dirumah ane serasa mau kebakar.” – Zacky Osd

“Pemain yang tidak punya rasa takut pada pemain manapun.” – Iskandar Il Devastante

“Gelandang yang mempunyai nafas badak, tidak pernah lelah berlari mengejar bola. Tidak ada matinya deh, legend banget.” – Filippo Da Aditz

“GATTUSO is the real destroyer and also one of AC Milan legend.” – Teguh Adi Saputra S

“The destroyer man..” – Sus Toto

“Gattuso = Pemain yang paling menyebalkan bagi tim lawan.” – Ahmad Zainudin

“Jika Gattuso menyebut Walter Smith sebagai ‘Ayah Kedua’, bagiku Gattuso juga seperti sosok ‘Ayah Kedua’. Ayah yang selalu membela, melindungi, berjuang tanpa lelah dan tanpa henti hingga peluit tanda akhir pertandingan dibunyikan. Sosok kuat dan mengangumkan, yang selalu dibutuhkan Milan.” – Astred MiLanisti AngeLanita

Tidak banyak yang saya ketahui dari sosok Gattuso ini. Jika readers atau Milanisti ada yang lebih tau mohon ditambahkan di kolom komentar🙂 Jadi, semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang. Sekali lagi Buon Compleanno Legend🙂 semoga ada lagi sosok penerus sepertimu di Milan

FORZA MILAN!!

@milanistred

6 Komentar

  1. Buon compleanno alla leggenda, sempre un successo. Ci manchi!

    Grazie Mba Astred, Namaku ada d postinganmu.
    “̮ ☺ “̮ ˇ..ћêћêћê..ˇ “̮ ☺ “̮

    • Sama-sama bang🙂 terimakasih juga sudah berpartisipasi..

  2. Pak 4Li

    klo liat koment ato tanggapan,,seakan2 akan saya pernah main bareng,, sama Gattuso,,
    hehehe,, *makasih mba Astred” yg telah memberikan kesempatan kita2 berkoment ria

    • Sama-sama Pak Ali🙂 hahahahaha kita kan memang pernah satu tim dengan Gattuso pak Ali. Bukankah kita pemain ke-12-nya Milan?😀

      • Pemaen ke 12 ??. bisa aja ente jawab.
        Gattuso = Pemain yg unik, mungkin seunik Pirlo namun dengan kemampuan yg berbeda tapi saling melengkapi.

  3. Faisal Ardiansyah

    Masih selalu teringat satu satunya pemain yg membalik kaosnya dan terpampang nomor 8 plus namanya di selebrasi kemenangan liga champions

Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: