AstreDiaries

Forever With 비에이피 ♥ 방용국 ♥ Proud To Be a MILANISTI

Jelang Milan vs Barcelona : Martino Waspadai Revolusi I Rossoneri


Enam kali dalam tiga musim berturut-turut, AC Milan dan Barcelona selalu berjumpa di pentas kompetisi Liga Champions. Intensitas pertemuan kedua tim raksasa ini membuat masing-masing skuad hafal satu sama lain.

Namun kali ini kubu Barcelona mewaspadai perubahan yang terjadi di kubu AC Milan saat kedua tim kembali berjumpa pada matchday ketiga babak penyisihan Grup H Liga Champions di Stadion San Siro, Rabu (23/10/2013) dinihari.

Kubu Barcelona menilai kualitas serangan AC Milan lebih powerfull dan lebih stabil di sektor pertahanan dibandingkan dengan situasi AC Milan dalam dua musim terakhir, saat kedua tim berjibaku di fase knock out.

Revolusi di kubu I Rossoneri itu terjadi karena adanya muka-muka baru dalam skuad tim besutan Massimiliano Allegri. Kehadiran Mario Balotelli dan Alessandro Matri misalnya. Dua penyerang ini melengkapi penyerang sebelumnya, Stephan El Shaarawy.

Belum lagi ditambah dengan Giampaolo Pazzini yang dibeli dari Inter Milan. Tapi sayang seribu sayang, dua penyerang; El Shaarawy, dan Pazzini dipastikan absen pada pertandingan ini karena cedera.

Tambahan di lini tengah AC Milan juga terjadi dengan masuknya Ricardo Kaka dari Real Madrid, Riccardo Saponara (Empoli), Valter Birsa (Torino), dan Andrea Poli
(Sampdoria).

Kehadiran empat gelandang ini bisa menutupi absennya Nigel De Jong yang tak bisa main karena sanksi dan hilangnya Kevin Prince-Boateng yang hengkang dari AC Milan.

Boateng sendiri adalah pemain yang mencetak dua gol ke gawang Barcelona musim lalu. Beberapa perubahan ini diakui striker Barcelona, Pedro Rodriguez, sebagai sesuatu yang harus diwaspadai. “Ini adalah pertandingan klasik, kami sudah sering bertemu tapi setiap pertandingan pasti akan berbeda,” kata Pedro di situs resmi Barcelona.

AC Milan harus kehilangan kiper utama, Christian Abbiatti, yang cedera. Ini membuka peluang bagi Marco Amelia untuk pertama kalinya menjadi starter sejak April lalu setelah pulih dari cedera.

Adapun kiper muda Gabriel Ferreira yang diturunkan saat mengalahkan
Udinese 1-0 di Serie A, Minggu (20/10/2013), tidak bisa dimainkan karena namanya tidak terdaftar. Bek tengah yang didatangkan dari Inter Milan, Matias Silvestre, kemungkinan akan kembali diplot sebagai pendamping Christian Zapata, menggantikan Mexez yang terkena sanksi.

“Pertandingan itu (melawan Barcelona) akan sangat sulit. Kami perlu sempurna bila ingin mendapatkan hasil penting,” kata Pelatih AC Milan Massimiliano Allegri.

AC Milan saat ini memang belum mampu menampilkan performa konsisten di kompetisi domestik Serie A Italia. Tapi kemenangan 2-0 atas Barcelona musim lalu di San Siro setidaknya jadi warning buat Blaugrana untuk tidak meremehkan kekuatan I Rossoneri.

“Kami harus solid sebagai grup bila ingin menang, pemain secara individu tidak dapat melakukan itu,” kata Kaka.

Barcelona sebenarnya mengalami perubahan yang cukup besar musim ini. Masuknya pelatih baru Gerardo “Tata” Martino membuat permainan tim Catalan berubah dengan tidak lagi memamerkan kemampuan penguasaan bola dengan umpan satu dua.

Ciri khas tiki-taka Barcelona ala Pep Guardiola kini sudah berubah dengan gaya bermain lebih cepat bahkan sesekali mengandalkan serangan balik. Martino juga merombak beberapa pemain di pos-pos penting. Bahkan duet terbaik lini tengah yang biasanya diisi Andres Iniesta dan Xavi Hernandez sudah jarang lagi dimainkan bersama. Di posisi ini, Martino kadang melakukan rotasi dengan memainkan Cesc Fabregas.

Lionel Messi sudah bisa tampil penuh setelah pulih dari cedera. Akhir pekan lalu, Messi hanya bermain sebagai pemain pengganti melawan Osasuna. “Saya telah merencanakan memainkan Lionel Messi 20 sampai 25 menit di laga terakhir. Itu akan bagus baginya untuk menghadapi pertandingan penting selanjutnya menghadapi AC Milan,” jelas Martino.

Lionel Messi akan berkolaborasi dengan bintang asal Brasil Neymar, dengan dukungan Alexis Sanchez yang akan kembali sebagai pilihan utama setelah diistirahatkan melawan Osasuna.

Kabar gembiranya, Barcelona pada laga melawan AC Milan sudah bisa memainkan Carles Puyol yang sudah lama tidak tampil karena cedera. Duet bek tengah terbaik antara Puyol dan Gerard Pique akan kembali menghiasi lini belakang. Gerardo Martino pada pertandingan ini hanya tidak bisa memainkan tiga pemain yakni, Jordi Alba, Ibrahim Afellay, dan Isaac Cuenca. Ketiga pemain mengalami cedera dan tidak diikutkan dalam rombongan tim ke Milan.

Barcelona belum kebobolan gol dalam Grup H, namun Milan memiliki peluang yang bagus di posisi kedua grup, sementara Ajax Amsterdam di tempat ketiga dengan satu angka dan Celtic belum merebut poin.

1 Komentar

  1. haisal

    Haisalmilanisty : Saya tetap bangga dengan Milan. Meskipu diatas kertas milan tidak begitu unggul dengan sejumlah pemain seperti barceona. tetapi, mampu bermain cantik…, maju terus milanku

Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: