AstreDiaries

Forever With 비에이피 ♥ 방용국 ♥ Proud To Be a MILANISTI

Wawancara B.A.P Dengan TenAsia – “Kami Berharap Mereka Akan Menjadi Orang Baik Setelah Mendengar Musik Kami”


Q : Bang Yongguk, apakah kamu tidak puas dengan berbagai hal di masyarakat? Kamu membuat pernyataan tentang masyarakat di twitter sesekali.

Bang Yongguk : Aku tidak puas akan banyak hal (tertawa). Aku benar-benar tidak suka hal-hal yang tidak adil dan tak beralasan. Aku rasa, jika ada sesuatu yang salah, adalah benar untuk mengatakan sesuatu tentang hal itu. Para fans yang mendengar lagu kami masih muda. Hanya karena mereka muda, tak berarti mereka tak perlu tahu tentang beberapa hal. Aku rasa untuk menjadi orang yang baik, orang seharusnya tahu tentang permasalahan di masyarakat di umur yang masih muda. Menunjukkan sesuatu pastilah merupakan ciri khas B.A.P.

Q : Untuk setiap album, kalian telah menunjukkan penampilan yang bertenaga. Ada pembicaraan tentang bagaimana kali ini kalian akan keluar dengan “cross (salib) dance” untuk menunjukkan pembersihan dari dosa.

Jongup : ”Cross dance” keluar di bagian chorus “Badman.” Kamu merentangkan lenganmu untuk membentuk salib. Selain itu, kamu juga bisa melihat campuran dari gerakan krump yang bertenaga dan koreografi yang gagah. Juga ada banyak gerakan yang menunjukkan kemampuan individual kami daripada koreografi secara keseluruhan.

Q : Musik video untuk “Badman” disyuting di Detroit. Ketika saya melihat videonya, itu sangat brutal?

Youngjae : Itu disyuting di sebuah lokasi yang sangat terlantar. Itu merupakan daerah yang terlantar di mana bangunan-bangunannya memiliki jendela yang pecah. Ada sekitar 100 figuran dan mereka agak menakutkan pada awalnya karena mereka terlihat mengintimidasi. Tetapi mereka baik terhadap kami maka bekerja menjadi menyenangkan.

Q : Dapatkah para member memilih lagu yang kalian sukai?

Himchan : Aku memilih ‘Excuse Me’. Aku rasa itu lagu yang pas untuk berbaur dengan fans di pertunjukan. Aku pikir kami akan mampu memiliki pertunjukan yang benar-benar menyenangkan di atas panggung.

Jongup : Seperti yang diharapkan, aku paling suka lagu ‘Badman’. Ini adalah lagu yang seperti sebuah tantangan baru bagi kami sehingga kami benar-benar ingin tahu bagaimana fans akan bereaksi.

Bang Yongguk : Aku juga ingin memilih ‘Badman’. Dari enam lagu itu adalah lagu yang paling rumit. Itu adalah sebuah usaha baru bagi BAP untuk menggunakan sentuhan tren musik aliran Amerika sendiri. Ini adalah kasus yang jarang terjadi untuk menari dan bernyanyi dengan trap musik. Aku juga dalam antisipasi terhadap respon fans luar negeri.

Zelo : Aku suka intro lagu yang dibuat oleh Yongguk hyung ‘Whut’s Poppin’. Aku suka lirik yang langsung yang dibuat oleh Yongguk hyung . Ini memiliki  ’bitter sound” yang hyung suka untuk membuatnya. (tertawa)

Q : Aku pikir Bang Yongguk akan memilih lagu ‘Whut ini Poppin’ sebagai favoritnya.

Bang Yongguk : Aku telah berpartisipasi dalam menulis lirik sejak album sebelumnya, tapi aku tidak benar-benar memiliki banyak keinginan untuk itu. Aku hanya suka mengekspresikan musik. Aku membuat ‘Whut’s Poppin’ karena intro yang akan menampilkan gambaran album kami ini diperlukan. Ketika kami pergi pada Tour Amerika kami, kami pergi ke Bronx di New York dan itu adalah daerah dengan suasana hip-hop yang kuat. Itu juga tempat yang sedikit berbahaya. Secara kebetulan kami bertemu dengan beberapa orang gangster dan harus bersikap ramah terhadap mereka, mereka mengajarkan kami salam ‘Whut’s Poppin’. Karena aku ingin merasakan hip-hop, aku membuatnya sebagai judul lagu. ‘Whut ini Poppin’ adalah jenis musik yang inginku lakukan, dan ‘Badman’ adalah sebuah lagu yang seperti tantangan. Memiliki lampiran terhadap ‘Badman’ adalah alami.

Q : Jika Anda melihat kredit album, ada nama-nama sekelompok orang lain yang menulis lirik disamping Bang Yongguk.

Bang Yongguk : Aku bekerja dengan komposer dan anggota lain dari perusahaan kami. Ketika menggambakan sketsa kasar aku menulis lirik. Setelah itu, mereka memperbaiki lirikku. Aku tidak benar-benar berpikir tentang hal ini terjadi di siaran (broadcast) sambil menulis sehingga pekerjaan sesudahnya diperlukan. (tertawa)

Q : Bang Yongguk juga bekerja sebagai produser untuk album ini. Bagaimana itu?

Bang Yongguk : Aku mampu melakukan hal yang  selalu ingin aku lakukan, jadi aku benar-benar puas.

Q : Sebagai produser kau memberi perintah kepada member lain?

Bang Yongguk : Karena setiap member memiliki warna mereka sendiri, ketika lagu keluar, Anda akan tahu bagian mana yang dengan member yang mana yang harus dinyanyikan.

Q : Dapatkah member lain mengomentari bagaimana Bang Yongguk sebagai seorang produser?

Himchan : Yongguk cukup menakutkan di ruang rekaman. Itu membuatku berpikir aku harus menggunakan honorifik. Dia tipe yang ingin mencapai kesempurnaan.

Youngjae : Para member yang lebih muda akan menjawab, ‘Yes, Sir’ dan mengikuti perintah Yongguk hyung. Karena Himchan hyung memiliki usia yang sama seperti Yongguk hyung, ia hanya menjawab ‘Oke’ dan itu sedikit canggung. Rasanya seperti ia mengatakan campuran ‘Oke’ dan ‘Ya’. (Tertawa)

Q : Dia mungkin ketat ketika dia melakukan produksi tetapi tidakkah biasanya dia memperlakukan kalian dengan baik?

(Diam Total)

Zelo : (Dengan Segan) Kami tidak memiliki apapun untuk melawan Yongguk hyung. Dia memperlakukan kami dengan baik.

Q : Aku merasa seperti banyak hal yang terjadi.

Daehyun : Pada konser di Hong Kong, Zelo lupa untuk mengambil mikrofon ketika menaiki panggung dengannya. Pertunjukan telah dimulai dan ia bilang dia tidak punya mic. Untuk beberapa saat, kami merenungkan dan memutuskan untuk bergiliran menggunakan mic kami harus menyanyikan bagian kami. Untungnya koreografi tidak menjadi kacau.

Himchan : Sebenarnya itu salahku. Aku tidak sengaja mengambil mic Zelo di panggung. Aku pikir kami berada dalam masalah besar tapi untungnya, Daehyun memecahkan masalah dengan berpikir cepat. (Tertawa)

Jongup : Ada waktu ketika aku terpeleset saat melakukan b-boy dance ‘Thomas’ di tengah ‘No Mercy’. Aku biasanya akan bertindak seperti tidak ada yang salah dan secara alami meneruskan tapi itu merupakan teknik yang sulit aku tidak bisa.

Q : Ketika di tour, Aku berharap setiap member melihat kemajuan yang lain.

Zelo : Ketika di tur di luar negeri, aku pikir musik spektrum Yongguk hyung berkembang melalui pengalaman.

Bang Yongguk : Melalui tour ini, kemampuan Jongup untuk mengekspresikan melalui tarian (dance) telah membaik. Pada satu titik rasanya seperti ia bukan orang Asia lagi.

Jongup : Benar-benar disayangkan bahwa Himchan hyung tidak mampu bergabung dengan kami selama ‘One Shot’ karena cedera. Pada saat itu, bagian Himchan hyung memiliki dampak yang besar. Kehadiran Himchan hyung benar-benar hebat. Aku benar-benar senang karena dia bisa menunjukkan penampilan  yang keren di ‘Badman’ daripada ‘One Shot’.

Himchan : Ketika aku pertama kali mendengar Daehyun bernyanyi, nyanyian-nya punya nuansa kuat seperti nyanyian dalam cerita rakyat. Selama kami istirahat, ia mempelajari banyak gaya yang berbeda dan rasa vokal yang banyak meningkat. Kemampuannya untuk mencerna telah berkembang.

Daehyun : Youngjae memiliki nuansa pop yang lebih kuat daripada aku. Dia paling tahu bagaimana menikmati pertunjukan jadi aku ingin mempelajari itu.

Youngjae : Zelo sudah memiliki banyak bakat tetapi dengan berjalannya waktu, kemampuannya untuk memancarkan bakatnya terus membaik. Dia juga seseorang yang dewasa jadi aku bangga sebagai hyung nya.

Q : Akhir-akhir ini Infinite, BTS, dll berada dalam sorotan sebagai idol hip-hop, apakah B.A.P memiliki sesuatu yang unik untuk membedakan diri?

Bang Yongguk : Hip-hop juga memiliki banyak gaya yang berbeda. Dari debut kami, kami telah secara konsisten melakukan genre hardcore dengan hip-hop yang kuat. Aku pikir tim lain memiliki gaya mereka sendiri juga. Aku rasa sulit untuk menilai seseorang dengan rapping dirinya sendiri. Aku sangat senang bahwa hip-hop tampaknya telah memasuki arus utama di negara kita. Ini sesuatu yang tidak bisa aku bayangkan ketika aku masih muda.

Q : Apakah ada musik yang sedang Kalian nikmati mendengarkannya akhir-akhir ini?

Bang Yongguk : Akhir-akhir ini aku mendengarkan musik DJ yang tidak memiliki vokal. Aku kehilangan diriku dalam musisi elektronik XXYYXX. Dia musisi muda yang baru 17 tahun tetapi pada usia tersebut ia memiliki kemampuan ekspresi yang besar. Aku pikir musik tidak memiliki batas usia.

Jongup : Aku suka mendengarkan Chris Brown, Bruno Mars, Miguel, dll

Q : Tolong katakan sesuatu untuk fans yang akan segera bertemu.

Zelo : Sebanyak kami bekerja keras, kami sangat senang comeback dengan musik yang bagus. ‘Badman’ adalah album yang kami sangat puas dan memiliki kebanggaan besar didalamnya. Aku harap kalian dengan hati-hati membaca liriknya satu per satu sambil mendengarkan musik kami.

-miLanistred-

Tinggalkan Jejak

